HUT Hima Perancis La Fête

FBS-Karangmalang. Dalam rangka memperingati ulang tahun HIMA Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY yang ke-15, Himpunan Mahasiswa Prancis (HIPER) menyelenggarakan serangkaian acara seperti karaoke, la famille d'hiper, la reine de la section français, lomba foto ormawa, lomba cipta puisi bahasa Prancis, dan baksos ke Panti Hafara. Semua kegiatan tersebut telah berlangsung pada bulan April hingga awal Mei kemarin.

Malam puncak La Fête jatuh pada hari Jumat, 13 Mei 2016 di Stage Tari dan Pendopo Tedjokusuma yang dimulai pada pukul 18.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan III, Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd.; Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Dr. Roswita Lumban Tobing, M.Hum., Humas FBS UNY Nuning Catur Sri Wilujeng, S.Pd., M.A., Dosen Pendamping Kegiatan Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Dra. Noberta Nastiti Utami, M.Hum dan beberapa dosen pendidikan bahasa Prancis lainnya.
Acara dimulai dengan pameran karya sastra di pendopo Tedjokusuma pada pukul 18.30 WIB sekaligus open gate dan acara di dalam stage dibuka dengan pemutaran video perkenalan HIPER, kemudian dilanjutkan dengan penampilan KASË dari hima Pendidikan Bahasa Jerman yang membawakan 2 lagu, selanjutnya pembukaan oleh MC yaitu, Delta dari Pendidikan Bahasa Jerman, Fabiola (Ola) dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Risa dari Pendidikan Bahasa Prancis. Kemudian sambutan oleh ketua panitia (Bryan Repha), ketua umum (Wahyudi) dan ketua jurusan (Dr. Roswita Lumban Tobing M.Hum.). Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh ketua umum dan ketua Jurusan. Selanjutnya, pengumuman pemenang dari acara serangkaian La Fête, yaitu karaoke yang dimenangkan oleh kelas K 2014, la famille d'hiper yang dimenangkan oleh kelas F 2014 , la reine de la section français yang dimenangkan oleh Mafaza dari kelas E 2014 , lomba foto ormawa yang dimenangkan oleh BEM FBS , lomba cipta puisi bahasa Prancis tingkat mahasiswa dimenangkan oleh ;
1. Andi M. (Paris en 100 mots ou plus) “ Paris dalam 100 kata”
2. Hidayah (La petite Venise) “Venesia Kecil”
3. Diah U (Tours) “Tours”
Sedangkan tingkat sma sederajat dimenangkan oleh
1. Nurul N (Le crepuscule) “Senja”
2. Noor Diana (Bordeaux et l'amour) “Bordeaux dan Cinta”
3. Hikmatul Ulya (Dans le port d'calais) “Di Pelabuhan Calais”

Selanjutnya ada pembagian doorprize untuk para penonton, doorprize diperoleh dari sponsor yang telah membantu terselenggaranya acara La Fête ini yaitu; Moviebox, Putih abu2, Voila, Wijaya, Bowlling, Ozza, Pixy, Pucelle, Loempia boom, Volks ice cream, Hello fktv, Coffe geek, Bella accecories, Kedai digital, Gatsby dan media partner; Magenta radio, Limuny.
Acara dilanjutkan dengan penampilan Hipercoustique veteran, Jolie danse, Hipercoustique 2, Maintenant, Misbah dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, kemudian acara ditutup dengan penampilan guest star Anna Calling. (Dita W)