Diskusi Berbahasa Inggris : Pro Kontra Homoseksualitas

FBS-Karangmalang. Homosexuality in History merupakan tema yang diangkat dalam diskusi berbahasa inggris rutin para dosen FBS UNY Jumat (8/4) lalu. Eko Rujito DA, M.Hum. dosen Prodi Sastra Inggris FBS UNY menjadi narasumber yang memaparkan Historical Overview on Homosexuality and Its Contoversy dalam materi yang didiskusikan. Sejarah tentang homosexual dan kontroversinya berhasil dituangkan dalam empat lembar bahan diskusi. Materi yang disampaikan menarik karena merupakan isu yang sedang hangat menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat umum. Berbagai pros and cons dikemukakan dalam diskusi, beserta latar belakang yang menjadi alasan setiap pro dan kontra tentang LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender).

Eko Rujito DA, M.Hum. menyampaikan pendapatnya bahwa sebagian dari pelaku homosexual dan sejenisnya melakukan hal tersebut hanya untuk menghasilkan uang. Homosexuality menjadi pasar baru bagi kapitalisasi. Sebagain ‘oknum’ mengkampanyekan dukungan kepada pelaku homosexual karena motivasi kapitalisasi ekonomi. Orientasi sexual menjadi seorang gay atau tidak adalah sebuah pilihan, bukan takdir.

Diskusi yang terselenggara di Ruang 301 Lab. Musik dan Tari FBS UNY tersebut dihadiri lima orang dosen yaitu Bapak Eko Rujito DA, M.Hum., Paulus Kurnianta, M.Hum., Dr. Sutiyono, Dr. Rumiwiharsih, M.Pd. dan Drs. AM. Susilo Pradoko, M.Si..(anjarrh)