Terbuka untuk Umum, Pagelaran Wayang Kulit di FBS UNY

FBS-Karangmalang. Pada Sabtu, 10 Maret 2012 yang akan datang, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) akan meresmikan dua bangunan baru yang telah diselesaikan, yaitu Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) dan Gapura FBS. Peresmian ini akan dipimpin langsung oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A.

Sebagai wujud rasa syukurnya, pihak FBS akan menggelar pentas wayang kulit dengan lakon "Mbangun Pura Kencana". Pentas ini akan dibawakan oleh dhalang yang juga dosen Pendidikan Seni Rupa FBS UNY (Ki Iswahyudi, M.Hum) di pelataran Gedung Kuliah IV yang baru-baru ini juga telah diresmikan. Sesuai jadwal, pagelaran akan berlangsung Sabtu petang (10/3), pukul 19.30 wib. hingga selesai.

Drs. Sudarmaji, M.Pd. selaku Wakil Dekan II menegaskan, “Selain sebagai bentuk rasa syukur, pagelaran wayang kulit ini bertujuan untuk mengapresiasi budaya Jawa.” Pak Aji, begitu ia akrab disapa juga menambahkan bahwa acara tersebut terbuka untuk umum. Hal ini selaras dengan misi yang diusung FBS yaitu, “Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Bahasa dan Seni serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayan nasional.

Bintang tamu yang akan turut mengisi acara peresmian dan syukuran tersebut yaitu penggiat seni yang juga alumni UNY, Gareng Rakasiwi, Rimi Widyastuti, dan Dra. EMG Lestantun MK, M.Sn. (Dosen Seni Tari FBS UNY).