Ngopi Bareng Dekanat: Ngobrol tentang Sarana-Prasarana Kampus

FBS-Karangmalang. Pada 19 Mei 2011, BEM FBS menyelenggarakan forum silaturahmi dekanat-mahasiswa di Pendopo Tedjokusumo lewat acara Ngopi bareng Dekanat. Ngopi bareng ini dihadiri oleh Prof. Dr. Zamzani, Dekan FBS, Pembantu Dekan I, Suhaini M. Saleh, M. A, Pembantu Dekan II, Dra. Sri Harti Widyastuti, M. Hum dan Pembantu Dekan III, Herwin Yoga Wicaksono, M. Pd. Ditemani oleh kopi hangat, kacang, dan pisang rebus, mahasiswa dan jajaran dekanat lesehan berbincang-bincang tentang sarana dan prasarana FBS.

Dalam perbincangan, pimpinan FBS menjelaskan tentang fungsi dan sarana prasarana yang semakin dikembangkan melalui pembangunan Gedung Kuliah I FBS. Gedung Kuliah I FBS ini baru saja selesai dibangun pada Maret 2011 di kompleks gedung FBS. “Di gedung baru, aktivitas perkuliahan mahasiswa akan dipusatkan di sana,” terang Prof. Dr. Zamzani. Di saat yang sama PD II FBS mengungkapkan, ”perpustakaan pun akan dipindah di sana, karena prinsipnya adalah memberi kemudahan kepada mahasiswa dengan adanya peningkatan pelayanan.” Dosen Pendidikan Bahasa Daerah ini kembali menjelaskan, “Gedung baru menyediakan ruangan yang bisa menampung 300 orang dan 500 orang. Selain itu akan ada laboratorium budaya dan penambahan ruang praktik untuk jurusan Pendidikan Seni Tari.

Di sesi tanya jawab, mahasiswa banyak bertanya dan memberikan saran kritik tentang tamanisasi dan keamanan kendaraan. Manarina, mahasiswi Sastra Indonesia menyarankan, “Untuk taman, mohon diijaga Pak karena penghijauan di FBS sekarang tidak seluas dahulu.” Andika Rahmadi Putra, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris juga mengeluhkan tentang keamanan sepeda yang konon lebih sulit dibandingkan dengan keamanan sepeda motor. Saran dan kritik ini ditanggapi oleh pihak dekanat, “FBS akan memberikan pelayanan keamanan sebaik mungkin tapi kami membutuhkan kerjasama dari mahasiswa,” terang Sri Harti Widyastuti. “Bangunlah kesadaran untuk menjaga keamanan barang milik Anda sendiri, seperti halnya kesadaran untuk tidak parkir di sembarang tempat,” Jelasnya dengan bijak.

Menurut rencana, FBS juga akan membangun sarana dan prasana yang lebih baik dengan adanya pembangunan gedung untuk jurusan seni rupa dan kerajinan. “Pembangunan ini juga berdasar pada pertimbangan dan saran dari dosen dan mahasiswa jurusan Seni Rupa dan Kerajinan untuk kelancaran kegiatan perkuliahan,” terang Prof. Dr. Zamzani. Nantinya, bersebelahan dengan gedung seni rupa baru yang akan dibangun, terdapat gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa untuk memberikan fasilitas kegiatan mahasiswa. “Semua fasilitas dan pelayanan ini untuk mahasiswa, jadi kami mengajak mahasiswa untuk ikut menjaga dan memeliharanya,” ajak Sri Harti Widyastuti. (Febi)