KULIAH UMUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 2021

Keterangan Sumber Foto: 
KULIAH UMUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 2021

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) pada

hari Rabu, 10 Nopember 2021, pukul 09.00 s.d. selesai menyelenggarakan Kuliah Umum secara daring dengan mengundang narasumber Muammar Syarif M, seorang praktisi voice over dan penyiar radio mengambil tema: "Waktunya Mengenal Voice Over Lebih Dekat"

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Kajur Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr. Teguh Setiawan, M.Hum. Ia mengatakan bahwa profesi voice over sangat relevan dan menjanjikan bagi mahasiswa prodi PBSI. Profesi ini bahkan bisa menjadi lahan basah pada saat ini.

Pada kesempatan tersebut, narasumber mamaparkan bahwa profesi voice over adalah profesi yang memanfaatkan suara seorang talent yang digunakan untuk produksi komersial seperti radio, teater, televisi, produksi film, animasi, atau periklanan. Suara menjadi hal yang paling penting dalam profesi ini. Karya dari voice over talent tidak dapat terlihat, hanya bisa didengar. Ia memberikan tips menjadi voice over yang baik, yaitu: 1) memiliki pelafalan yang jelas, 2) memahami tempo ketika berbicara, 3) memiliki intonasi dan penekanan yang tepat, dan mampu melakukan karakterisasi suara. Animo sangat tinggi hingga mencapai lebih dari 230 peserta.