FBS Kembali Terima Mahasiswa Asing Asal Negeri Kincir Angin

FBS-Karangmalang. Bertempat di Gedung Laboratorium Tari dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. selaku dekan FBS sambut kedatangan empat mahasiswa asal Belanda. Ini merupkan kali ketiga FBS menerima mahasiswa asal Universitas FONTYS Belanda. Sebelumnya pada tahun 2014 dan 2015, selama satu semester mahasiswa pilihan dari universitas yang sama telah belajar dan mengenal budaya Indonesia serta melakukan praktik mengajar siswa Sekolah Dasar (SD) di Yogyakarta.

Jumat (05/02), acara penyambutan mahasiswa asing asal Belanda diadakan oleh bidang urusan humas dan kerjasama FBS UNY. Acara ini dihadiri oleh dekan FBS, kepala Humas dan Kerjasama FBS, dosen tutor dan mahasiswa FBS yang akan mendampingi mahasiswa asal negeri Kincir Angin tersebut selama di Yogyakarta. Tahun ini empat mahasiswa yaitu Silvie Coppelmans, Pien Stortelder, Evelien Eva Hinderkien Strijbos dan Luke Heuer berkesempatan memperoleh pengalaman mengenal kehidupan dan budaya masyarakat Indonesia sekaligus mempraktikkan ilmu mereka untuk mengajar siswa SD. Sebelumnya, lima mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris selama dua minggu mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar langsung di Belanda. Saat ini mereka bertugas kembali untuk mendampingi empat mahasiswa selama satu semester di UNY.

Setelah dibuka, acara dilanjutkan sambutan oleh dekan FBS, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. Pada sambutannya, ia mengucapkan selamat datang dan berharap para mahasiswa dapat belajar dan lebih mengenal budaya-budaya Indonesia. Selanjutnya dari pihak mahasiswa Universitas FONTYS, Luke (22) menggunakan Bahasa Indonesia dengan bangga mengaku senang dan berterimakasih karena telah diberikan kesempatan belajar di FBS UNY. “Kami tidak sabar ingin segera belajar.” ungkapnya dengan terbata-bata menutup kalimatnya diikuti tepuk tangan seisi ruangan. Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dan mencicipi makanan khas Indonesia seperti serabi dan misoa. (e.saf/Humas FBS)