Dies Natalis FBS: Macapatan ‘Serat Endra Retna’

FBS-Karangmalang. FBS, Kampus Budaya. Predikat tersebut tentu tidak salah alamat jika disematkan kepada Kampus Ungu, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Pasalnya dua unsur penting yang terdapat dalam budaya, yaitu bahasa dan kesenian dipelajari disana. Hal tersebut pun tercermin dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh fakultas tersebut. Misalnya, pegelaran macapatan yang diselenggarakan pada malam renungan dalam rangka menyongsong deklarasi hari lahir FBS yang jatuh pada tanggal 1 Mei beberapa waktu lalu.

Acara yang mengusung tema “Serat Endra Retna” tersebut diadakan di pendapa Tedjokusumo dan dihadiri oleh segenap jajaran dosen, staf, perwakilan dari ormawa-ormawa se-FBS dan tak lupa mahasiswa FBS dan masyarakat umum yang turut mengambil bagian dalam acara tersebut.

Alunan irama gendhing yang dilantunkan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Daerah mengawali pentas macapatan tersebut. Dibalut keanggunan nuansa Jawa yang tercermin dalam penggunaan batik bagi segenap tamu yang hadir, penggunaan bahasa Jawa selama acara berlangsung dan juga suguhan makanan tradisional menambah kesakralan pentas macapatan pada malam itu.

Sebelas tembang macapat yang terdiri dari tembang Pangkur, Maskumambang, Asmaradana, Sinom, Mijil, Dandanggula, Kinanthi, Pocung, Gambuh, Durma, dan Megatruh memanjakan segenap hadirin yang memadati pelataran Tedjokusumo. Bukan hanya itu saja, pada pentas macapatan tersebut juga didendangkan enam tembang karya mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Daerah angkatan 2011 yang berisi doa-doa yang dipanjatkan untuk FBS.

Hal ini berbeda dengan perayaan Dies Natalis FBS pada tahun-tahun sebelumnya. Seolah-olah ingin memberikan warna yang berbeda bagi perjalanan Kampus Ungu, pada tahun ini pihak birokrasi nampak antusias dalam berbenah-benah untuk menyiapkan segala kebutuhan deklarasi hari lahir FBS yang bertepatan dengan hari Buruh Internasional tersebut. Bahkan persiapan yang dilakukan sudah dimulai semenjak hari Minggu (28/04). Deklarasi hari lahir FBS ini akan menjadi acuan perayaan hari lahir FBS pada tahun-tahun yang akan datang.

Semoga doa-doa yang dipanjatkan melalui tembang yang didendangkan dapat menjadi berkah bagi kampus ini dimasa yang akan datang. Selamat ulang tahun FBS! (DjWonga/HumasFBS)