Annisa Nurul Ilmi Mapres FBS 2011

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris 2007 ini memang pantas menyabet gelar Mapres FBS 2011 dengan prestasi-prestasi dan kemampuan yang dimilikinya. Annisa pernah menjadi Juara 2 Lomba Inovasi Teknologi Mahasiwa (LITM) dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Lolos PKM AI dari Dikti, dan Juara 3 Lomba Inovasi Teknologi mahasiswa (LITM) dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. Selain itu, Gadis kelahiran 28 Maret 1989 ini mendapat Penganugerahan Prestasi Mahasiswa UNY 2010, Juara 2 Penulisan Ilmiah Karya Tulis Alquran UNY, Penerima Hibah Student Union Grant (SUG) UNY, serta menjadi Juara 1 The Article Writing Contest SAFEL UNY.
Kegiatan organisasi di kampus dan kegiatan pengabdian masyarakat juga ia geluti. Gadis Lombok ini pernah aktif di KOPMA, UKM Penelitian, tutor Bahasa Inggris SAFEL dan kini menyibukkan dirinya sebagai admin di SALC (Self-Acces Learning Centre) UNY . Nisa juga pernah menjadi relawan di Panti Asuhan Bina Netra, menjadi pengurus Perpustakaan di desanya, membuat buku panduan pariwisata Kali Code dan membuat CD dan Komik tentang candi-candi di Yogyakarta. Baru-baru ini gadis berwajah ceria ini pulang dari Inggris setelah mengikuti program pertukaran pemuda Global Exchange British Council.
Annisa terpilih sebagai mapres setelah melewati tahap seleksi portofolio dan presentasi karya Ilmiah. Kriteria penilaian portofolio adalah nilai akademik, kegiatan orgnaisasi, prestasi, dan kemampuan Bahasa Inggris. Dalam tahap kedua, Annisa mempresentasikan karya ilmiahnya, " Pengembangan Wisata Alternatif Kali Code Berbasis Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism)". Presentasi Karya ilimiah inilah yang menjadi nilai plus hingga nilai skor yang mengungguli peserta-peserta lainnya.
Ditanya tentang arti mapres,  baginya, mahasiswa berprestasi bukan mahasiswa yang pintar akademik atau aktif organisasi saja, tetapi mahasiswa yang sukses membagi waktu untuk akademik, prestasi, dan organisasi. "Saya ingin mencari pengalaman baru, jadi kenapa tidak dicoba?" ungkap Nisa yang bertekad memberikan yang terbaik pada seleksi Mapres tingkat universitas nanti. (febi)