Alunan dari HIMASIK FBS UNY untuk Negeri

UNY-Karangmalang. Hujan turun semenjak sore dan hingga hari beranjak malam belum ada tanda-tanda akan reda, namun segerombolan orang telah memadati pelataran Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) (29/5). Pasalnya, malam itu akan digelar opening concert “Alunan Negeriku” yang dipersembahkan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik (HIMASIK), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY.

Memasuki Auditorium penonton disambut jejeran kursi dan sebuah panggung yang ditata rapi. Penonton segera menempati kursi yang disediakan panitia dan tak lama kemudian lagu Indonesia Raya pun bergema memenuhi Auditorium. Menggemanya lagu kebangsaan Indonesia ini sekaligus menjadi tanda dibukanya acara opening concert “Alunan Negeriku” pada malam itu.

Penonton tak dibiarkan sejenak rehat tanpa alunan musik yang merdu Satu persatu repertoar dilantunkan. Musik etnik Sumatera, Kalimantan, Papua, Bali, dan Jawa bersahut-sahutan membangkitkan kecintaan terhadap negeri yang kaya akan budayanya ini. Melalui repertoar ini penonton seolah dibawa berkeliling Indonesia. Suasan riuh pun terjadi ketika alunan gamelan Jawa memecah keheningan Auditorium, pasalnya dari arah pintu masuk tampak sosok laki-laki yang membawakan reog dan berlenggak-lenggok.

Sebagaimana yang diungkapkan Ulil Azmi, mahasiswa FBS, “Musik etnik Sumatera, Kalimantan, Papua, Bali, dan Jawa benar-benar membawa penonton berkeliling Indonesia.”

Tak berhenti disitu saja, repertoar-repertoar yang bercerita tentang keindahan dan kekayaan alam Indonesia seperti, Panorama Indonesia, Kolam Susu, Berita Cuaca, Simfoni Raya, Sekar Langit, Zamrud Katulistiwa, Nadi Katulistiwa, Cinta Indonesia, dan Negeriku terus menggema membangkitkan para penonton untuk menyadari  keindahan dan kekayaan alam Indonesia.

Keindahan alam Indonesia menjadi tema khusus yang diangkat pada konser ini. Sebagaimana dipaparkan Alfris Sarwinto selaku ketua panitia saat ditemui seusai acara, “Ditengah hiruk-pikuk hal-hal buruk yang terjadi di Indonesia, di tengah kekacauan yang terjadi di negara ini, kami ingin menyuguhkan hal yang berbeda kepada semua orang. Inilah Indonesia yang sangat luar biasa dengan keindahan alamnya dan keberagaman budayanya. Dan ini semua perlu kita jaga dan kita lestarikan.” (Djwonga/Humasfbs)